top of page

Asyik Berbuka dengan Ngebakso

Updated: Aug 21, 2021



JIKA Anda mulai bosan dengan hidangan buka puasa yang itu-itu saja, mungkin sensasi kuah hangat nan gurih ini bisa menjadi alternatif. Salah satunya aneka bakso ala Bakso Kemon di pusat perbelanjaan legendaris Indonesia, Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat.


Suasana hangat dan Instagramable langsung terasa saat memasuki restoran ini. Berbagai ornamen grafiti di dinding sangat pas bagi Anda yang gemar berswafoto.


Puas berfoto, saatnya memilih makanan. Di sini tersedia 12 jenis bakso dengan nama unik yang bisa Anda pilih. Misalnya, bakso kemon malang. Bakso ini berisikan bakso goreng, pangsit goreng, tahu bakso, siomai goreng, siomai, bakso polos serta sayuran, mi kuning, dan bihun. Ada pula kemrusuk yang berisikan bakso polos, iga, serta sayuran, mi kuning, dan bihun, kacab (bakso besar dengan isian cabai, bakso polos, sayuran, mi kuning, dan bihun). Selain itu, ada mi ayam hitam yang terbuat dengan campuran bambu.


"Bakso itu kan makanan orang Indonesia, enggak ada yang enggak kenal bakso di Indonesia, itulah ide awal mula memilih bakso sebagai bisnis. Nama Kemon sendiri itu dipilih karena simpel, mengandung unsur ajakan (come on), mudah dimengerti dan diingat," ungkap salah satu pemilik Bakso Kemon, Martin Sunu, kepada Media Indonesia, Kamis (16/5).


Media Indonesia merekomendasikan bakso kelana. Bakso dalam hidangan ini dipadukan dengan tulang sumsum berukuran besar, tentunya surga dunia bagi Anda yang tidak memiliki kolesterol.


Bakso polos yang ada di hidangan ini bertekstur lembut dan kenyal dengan rasa gurih yang pas. Rasa nikmat semakin bertambah dengan sensasi menyedot sumsum menggunakan sedotan, yakni teksturnya lembut berminyak nan gurih. Tidak lupa dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan masih panas, tentunya membuat keringat Anda mengucur saat menikmatinya.

Ada pula kacab, yang merupakan bakso besar dengan isian cabai yang pedas, tetapi membuat ketagihan. Bagi Anda penggemar keju, bisa memesan bakso keju. Bakso berukuran besar itu memiliki isian dua macam keju, yakni keju cheddar dan mozarella. Bisa dibayangkan bagaimana gurih asin keju berpadu dengan gurihnya bakso yang lembut dan kenyal, sungguh membuat ketagihan. Berikutnya ada kelor, yaitu bakso besar dengan isian telur rebus, yang juga nikmat untuk disantap.


Kuah

Tidak semata ragam baksonya yang menarik. Ada tiga pilihan kuah yang menarik untuk diseruput dan menambah sensasi bersantap.


"Kita ada tiga pilihan kuah. Tidak hanya kuah kaldu sapi, tapi juga ada pilihan kuah gulai dan soto. Yang favorit itu kuah gulai karena wangi khas kaya rempah," imbuh Sunu.


Yup, memang benar saat Media Indonesia coba kuah gulainya memang enak, sesuai dengan promonya. Tekstur kuah gulainya tidak terlalu kental, ditambah wangi rempah yang khas, dan tentunya rasanya yang gurih. Rasa gurih sedikit asin terasa saat menyeruput kuah soto. Namun, kedua pilihan kuah tersebut cocok dipadukan dengan aneka bakso yang Anda pilih.


"Kita juga ada bakso tumpeng gunung yang beratnya 1 kg, isinya bisa pilih, mau tetelan bumbu cabai atau tetelan bumbu rendang ditambah dengan bisa memilih tiga bakso favorit dan juga bakso polos. Ini bisa dinikmati sampai 10 orang," kata Sunu.


Jika Anda tidak ingin makan bakso, jangan khawatir karena Bakso Kemon juga menyediakan menu nonbakso. Sayangnya pilihannya tidak sevariatif bakso. Ada mi ayam, mi yamin, nasi ayam, dan nasi goreng. Ada pula aneka pilihan gorengan, seperti siomai goreng, pangsit goreng, bakso goreng, dan batagor yang bisa dijadikan tambahan lauk atau camilan.


Setelah menyantap semua hidangan itu, saatnya menyeruput minuman yang segar. Ada beragam minuman dan es yang menjadi favorit pengunjung yang datang. Salah satunya es kenduren, yakni es yang terbuat dari campuran kelapa, durian, dan alpukat. Rasanya manis tapi tidak berlebihan, pas untuk menyegarkan tengorokan setelah bersantap bakso. Ada pula es durian yang cenderung manis dengan buah durian asli, es cincau, es campur, dan es alpukat milo.


Dari segi harga, bisa dibilang amat terjangkau. Harga untuk bakso yang termurah hanya Rp15 ribu dan termahal Rp45 ribu. Pilihan hidangan minya mulai Rp19 ribu sampai Rp33 ribu, hidangan nasinya dibanderol Rp18 ribu sampai Rp26 ribu, serta minumannya amat variatif mulai Rp5 ribuan sampai Rp27 ribu.


Saat ini Bakso Kemon sendiri memiliki 10 cabang di seluruh Indonesia. Selain di Menteng, ada di Tebet, Galaxy Bekasi, Jati Asih, Rawamangun, Lebak Bulus, Batam, Bandung, Kopo, dan akan segera membuka cabang baru di Kemang dan Gading Serpong, jadi Anda tinggal pilih mana yang lebih dekat dijangkau dari rumah. Selamat berkuliner! (M-3)


Source:


Editor: Rizky Noor Alam

Foto: MI/Agus Mulyawan


bottom of page