Peluang Bisnis Waralaba Minuman Boba Menjanjikan

Updated: Aug 21, 2021



JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor industri makanan dan minuman di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memilliki potensi pertumbuhan yang cukup besar. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia yang telah mendekati 270 juta jiwa.


Industri makanan dan minuman pun merupakan salah satu penyumbang terbesar PDB nasional.


Belakangan, minuman bubble tea alias boba yang berasal dari Taiwan juga ikut menyemarakkan pasar makanan dan minuman Tanah Air. Wajar saja, ini lantaran industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor yang seksi dan memiliki ceruk pasar yang cukup besar di Indonesia.


Kulo Group dan Mitra Boga Ventura (MBV) pun membaca peluang dengan megembangkan minuman segar boba. Minuman segar berbasis teh dan susu plus topping tapioka pearl (boba) ternyata sangat diminati masyarakat Indonesia.


Animo publik di Tanah Air terhadap minuman boba pun sangat tinggi. Bahkan, di beberapa tempat, masyarakat rela antre panjang untuk membelinya, padahal harga yang ditawarkan tergolong tidak murah.


Kulo Group dan Mitra Boga Ventura (MBV) menghadirkan Xi Bo Ba, gerai minuman segar boba. Xi Bo Ba menawarkan harga yang terjangkau namun memiliki cita rasa berkualitas. “


Xi Bo Ba hadir untuk menjawab permintaan pasar terhadap boba yang lagi ngehits. Kami membuat boba yang tidak mahal, tetapi tidak kalah di rasa,” ujar Michael Marvy Jonathan, petinggi MBV dalam keterangannya, Jumat (27/9/2019).


Sementara itu, Michael Bunyamin dari Kulo Group menjelaskan, Xi Bo Ba adalah bagian dari Kulo Group yang menghadirkan bubble tea dengan harga terjangkau tanpa mengorbankan kualitas dan rasa.


Harga semua jenis minuman ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 16.000 hingga Rp 24.000.


Kulo Group adalah pendiri kedai Kopi Kulo, Pochajjang Korean BBQ, dan Kitamura Shabu-shabu. Saat ini Kulo Group memiliki sekitar 500 gerai di seluruh Indonesia.


Sedangkan MBV memiliki sekitar 150 gerai waralaba kuliner seperti Bakso Kemon dan Co Choc.


Dia menambahkan, dalam enam bulan ke depan, setidaknya akan ada 250 gerai Xi Boba di sejumlah kota di seluruh Indonesia. Ada beberapa outlet dibuka di pusat perbelanjaan besar dan berkelas, sebagian lagi dibuka di tempat-tempat strategis, yang mudah dijangkau publik.


Seluruh gerai itu dibuka melalui sistem kemitraan dari para pelaku usaha yang sudah lama bermitra dengan Kulo Group dan MBV.


“Hingga akhir tahun ini, ada 100 outlet yang buka. Minimal, di satu kota ada tiga gerai, selanjutnya tahun depan hingga total 250 outlet,” ujar Michael.

Source:

https://money.kompas.com/read/2019/09/27/062700426/peluang-bisnis-waralaba-minuman-boba-menjanjikan Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan