top of page

'Making Money' dari Jemput Bola




VIVA Tekno – Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Juni 2022 melaporkan bahwa terdapat 11.223 usaha kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia pada 2020. Sebanyak 8.042 usaha (71,65 persen) di antaranya berupa restoran atau rumah makan, 269 usaha (2,40 persen) berupa katering, dan sisanya 2.912 usaha (25,9 persen) masuk kategori lain-lain.


Bisnis kuliner di Tanah Air tumbuh cepat pascapandemi Covid-19. Industri ini menjadi satu di antara elemen penting dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi bangsa. Oleh karena itu, para pelaku usaha kuliner diminta untuk terus inovatif dan kreatif agar tidak kalah saing dan ditinggal konsumen. Seperti Xi Bo Bikes, sebuah konsep bisnis yang memungkinkan para mitra untuk membuka gerai minuman dengan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sekaligus mendekatkan diri dengan pelanggan (jemput bola).


Xi Bo Bikes, sub-brand terbaru dari Xi Bo Ba yang merupakan salah satu brand milik PT Mitra Boga Ventura (MBV Group). Menggunakan konsep kekinian yang mana mitra usaha dapat mengoperasikan gerai minuman di berbagai lokasi tanpa harus menyewa atau membeli toko.


"Pertanyaannya mengapa pakai sepeda? Begini, kalau dibandingkan pakai ojol, saat ini ongkirnya saja antara Rp10-30 ribu. Itu belum harga minuman sehingga tidak affordable (terjangkau). Padahal, minuman seperti boba menjangkau semua kalangan," kata Kepala Eksekutif MBV Group, Marvy Jonathan kepada VIVA Tekno.


Dengan demikian, strategi yang harus dijalankan bagaimana harganya murah, mobile, serta efisien alias operational cost yang rendah. "Muncullah ide Xi Bo Bikes. Kita making money dengan PDKT (jemput bola) ke konsumen. Karena, kan, consumer behavior terus berubah," jelasnya.


Bagaimana caranya bergabung? Menurut Marvy, para mitra hanya perlu bergabung sebagai mitra usaha untuk mendapatkan cart Xi Bo Bikes beserta perlengkapannya. Konsep ini memberikan kesempatan bagi para pengusaha untuk membuka bisnis dengan modal yang relatif kecil, namun memiliki potensi keuntungan yang tinggi.


Bukan itu saja. Kepala Pemasaran MBV Group, Vanessa Rae Putri menambahkan, kehadiran Xi Bo Bikes juga untuk membantu membangkitkan kembali ekonomi, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia pascapandemi Covid-19. "Dengan memberikan terobosan baru dengan biaya investasi yang terjangkau untuk pengusaha-pengusaha UMKM di Indonesia yang ingin bergabung menjadi mitra usaha Xi Bo Bikes. Kami juga ada pelatihan bagi para mitra bisnis untuk memastikan kesuksesan bisnis mereka," tutur dia.


Oleh : Lazuardhi Utama


Source :





bottom of page